Berita

Agar makin cakap digital SMK Yanindo mengikutsertakan seluruh siswanya pada Gerakan Nasional Literasi Digital 2021.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) bekerjasama dengan Gerakan Nasional Digital, Siberkreasi dan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta dalam bentuk rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital.
Pada kegiatan tersebut mengikutsertakan siswa dan siswa SMK Yanindo dari semua juruan, dari kelas X hingga kelas XII.
Yang dibahas adalah  kecakapan skill, budaya digital, etika digital, dan keamanan digital. Dengan narasumber dan diputarkan Vidio yang berkaitan dengan tema. Mereka terdiri dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Finalis Abang None Jakarta, Walikota Jakarta Utara, CO Founder ATP Creative Asia, Dosen, hingga Kaizen Room. 
Era digital membawa perubahan yang begitu cepat dalam kehidupan sehari-hari, perkembangan yang pesat ini tidak lepas dari arus globalisasi yang terjadi. Hal ini membawa dan mendorong besar bagi kehidupan  sehari-hari. Dengan adanya teknologi yang terus berkembang hingga saat ini tentunya akan memudahkan  untuk berinteraksi dan mencari informasi dengan jangkauan yang luas tanpa batas.
Ariza Patria Wagub Prov.DKI Jakarta memberikan penjelasan bahwa  Program Literasi Digital Kemkominfo ini program yang bagus untuk keluarga Jakarta. HP jangan digunakan sembangan, contoh orang jatuh dari pohon langsung ditolong, bukan dividiokan. HP bukan solusi pada saat anak menangis, hampir setiap hari para ayah dan ibu agar anak-anak tidak kecanduan di HP, ikuti untuk mendapatkan solusi dengan mengikuti webinar 
Sudininfotik Jakarta Utara mengatakan bahwa  hidup di era digital memudahkan untuk mendapatkan juga berbagi hingga mengolah berbagai informasi. Meskipun memudahkan dalam berinteraksi satu sama lain  juga harus menghadapi berbagai tantangan yang muncul seperti banyaknya konten negatif, seperti informatif bohong atau hoax dan ujaran kebencian atau hate speech selain itu Pandemi Covid-19  juga mengubah perilaku pengguna internet secara masif. Banyak gaya hidup  yang berubah dan bersentuhan langsung dengan teknologi digital, akibatnya pemanfaatan digital yang terhubung dengan internet semakin sering. Termasuk dikalangan anak-anak atau pelajar. Banyak anak-anak yang menggunakan internet secara berlebihan hingga menyebabkan kelelahan fisik yang menurun.
Para orang tua dan juga anak-anak memiliki pemahaman dan pengetahuan yang baik untuk dapat menggunakan internet dengan bijak diperlukan peningkatan literasi digital. Agar dapat mengimbangi perkembangan teknologi digital dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin melalui program literasi digital yang dijalankan Kementrian Komunikasi dan Informatika.